5 Tools SEO Gratis

Tools SEO Gratis - Jika Anda seorang pemula dalam dunia membangun situs web, maka Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat lebih banyak orang mengunjungi situs web Anda. Salah satu langkah pertama bagi Anda adalah mempelajari dasar - dasar optimasi mesin pencari (SEO). Tetapi jika Anda sudah lebih berpengalaman dari itu, Anda cenderung mencari alat dan tips SEO praktis. Jadi, apakah Anda berpikir untuk membangun situs web pertama Anda atau Anda sudah membangun beberapa, saya telah menyusun daftar 5 alat SEO gratis teratas yang harus Anda pertimbangkan untuk digunakan.

Tools SEO Gratis

1. Google Analytics

Pemasar online yang berpengalaman tahu bahwa analitik adalah alat penting dalam mengukur keberhasilan situs web. Belajar melacak kueri penelusuran, sumber lalu lintas, rujukan, dan konversi akan menjadikan Anda seorang ninja analitik sejati, sehingga Anda dapat melakukan perbaikan rutin ke situs Anda. Pada Februari 2014, Google Analytics disiapkan dengan lima kategori pelaporan unik: Real-Time, Pemirsa, Akuisisi, Perilaku, dan Konversi.

Laporan "Waktu Nyata" mencakup enam tab yang semuanya fokus pada data analitik waktu-nyata. Saya sangat percaya bahwa data historis lebih bermanfaat daripada data waktu nyata, karena memungkinkan Anda untuk melihat apa yang berfungsi dari waktu ke waktu. Tetapi laporan waktu nyata jelas menarik, terutama setelah Anda baru saja meluncurkan situs web baru atau Anda ingin potret singkat tentang apa yang terjadi selama rilis baru.


Hadirin

Laporan "Pemirsa" mencakup banyak dimensi data yang terutama berfokus pada demografi pengguna. Anda dapat meninjau metrik seperti usia, jenis kelamin, bahasa, lokasi, dan jenis browser. Ada juga bagan alur pengunjung untuk melihat di mana pengguna Anda masuk dan halaman mana yang mereka kunjungi selanjutnya.

Akuisisi

Laporan "Akuisisi" memberikan wawasan yang lebih dalam tentang sumber lalu lintas Anda, seperti lalu lintas langsung, lalu lintas organik, lalu lintas rujukan, lalu lintas sosial, dan lalu lintas kata kunci. Dua yang paling penting adalah lalu lintas langsung dan lalu lintas organik. Lalu lintas langsung dari pengunjung yang mengetik URL Anda ke browser atau yang masuk melalui bookmark. Lalu lintas organik adalah semua kunjungan yang datang melalui mesin pencari.

Tingkah laku

Laporan "Perilaku" memungkinkan Anda menelusuri lebih jauh ke halaman situs web individual Anda. Misalnya, jika Anda ingin menemukan 5 halaman teratas yang paling banyak dikunjungi, Anda akan pergi ke sini. Google juga menawarkan "In-Page Analytics," yang menampilkan rasio klik-tayang visual pada setiap halaman situs web Anda. Ini bisa sangat membantu bagi Anda yang ingin meningkatkan pengalaman pengguna.

Konversi

Terakhir, laporan "Konversi" berfokus pada sasaran Anda (mis. Pendaftaran nawala, pengiriman formulir, dan penjualan) dan berapa banyak yang telah selesai, serta tingkat konversi untuk masing-masing. Jika Anda menjalankan situs web e-commerce apa pun, maka Anda akan sangat tertarik dengan laporan ini.

Jika Anda ingin menjadi pakar Google Analytics yang sesungguhnya, mereka menawarkan kursus pelatihan dan sertifikasi gratis . Dan jika Anda mencari cara memasang kode pelacakan Google Analytics di situs web Jimdo, lihat tutorial instalasi Google Analytics cepat ini .

2. Tools Webmaster Google

Google Webmaster Tools adalah alat gratis hebat lainnya yang memberikan laporan rinci kepada pemilik situs web tentang visibilitas situs web mereka di dalam mesin pencari Google. Ini adalah area yang paling penting untuk diulas:

Bilah Alat Alat WebmasterTampilan Penampilan> Perbaikan HTML

Di sinilah Anda dapat menemukan masalah situs web terkait dengan tag judul duplikat, tag judul hilang, deskripsi-meta duplikat, dan deskripsi-meta hilang.

Cari Lalu Lintas> Tautan ke Situs Anda

Ini menunjukkan kepada Anda siapa yang paling menautkan ke situs web Anda, serta konten yang paling banyak ditautkan.

Google Index> Index Status

Dalam laporan ini, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda diindeks.

Perayapan> Kesalahan Perayapan

Di sini Anda akan dapat melihat kesalahan perayapan Google di situs web Anda. Google juga memberikan informasi tambahan tentang cara memperbaiki kesalahan yang mungkin timbul.

Peta Situs

Setelah situs web Anda diatur, Anda ingin menguji dan mengirimkan peta situs ke Google. Peta Situs membantu Anda memberi tahu Google dan mesin pencari lainnya dengan mudah bahwa Anda memiliki halaman yang siap dirayapi.

Masalah keamanan

Jika Anda memiliki masalah dengan malware di situs web Anda, Google akan memberi tahu Anda di sini.

Sumber Daya Lainnya

Anda dapat menguji data terstruktur di bagian ini, seperti apakah Anda mengatur dengan benar kepengarangan Google+ . Kepengarangan Google+ membantu menjadikan konten Anda lebih pribadi dengan menunjukkan foto Google+ Anda yang sebenarnya di sebelah konten Anda di hasil pencarian Google.

Jika Anda ingin mempelajari informasi lebih rinci tentang Alat Webmaster Google, maka pasti periksa Pusat Bantuan Alat Webmaster .

3. Keyword Planner Google Adwords

Pada intinya, Perencana Kata Kunci Google Adwords dimaksudkan untuk kampanye iklan pencarian berbayar. Namun, ini bisa dibilang alat gratis terbaik yang tersedia untuk penelitian kata kunci organik. Jika Anda tertarik dengan kata kunci apa yang paling banyak kompetisi atau pencarian bulanan dalam vertikal Anda, maka Anda akan ingin segera mulai menggunakan ini.

Di dalam alat, Anda dapat mencari kata kunci baru berdasarkan ide kata kunci yang serupa. Misalnya, jika Anda memasukkan kata kunci "alat seo," Perencana Kata Kunci akan memberi Anda gagasan tambahan, seperti "alat seo terbaik" atau "alat perangkat lunak seo." Anda juga dapat melihat rata-rata volume pencarian untuk seluruh daftar kata kunci. Seperti dua alat Google hebat lainnya, mereka memiliki tutorial yang sangat baik untuk Perencana Kata Kunci .

4. MozBar

The MozBar , juga dikenal sebagai Toolbar SEO oleh Moz, adalah ekstensi plugin yang tersedia untuk Chrome dan Firefox. Ada versi berbayar dari bilah alat yang memberi Anda akses ke metrik dan fitur lanjutan, tetapi versi gratisnya masih sangat berguna.

MozBar menyediakan elemen-elemen di halaman yang mudah dibaca (misalnya tag judul dan deskripsi meta) dan menautkan data, seperti berapa banyak situs web yang terhubung ke halaman web itu, untuk situs web apa pun yang Anda kunjungi. Jika Anda penasaran dengan strategi SEO on-page pesaing, ini adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan beberapa informasi itu. Anda dapat menyelinap ke dalam pola pikir online pesaing Anda dengan melihat Otoritas Domain mereka, yang menunjukkan betapa relevannya sebuah situs web dalam kaitannya dengan seluruh web, serta tag judul dan deskripsi meta mereka untuk halaman pendaratan utama. MozBar juga menawarkan ekstensi hamparan SERP (halaman hasil mesin pencari). Ini menunjukkan kepada Anda Otoritas Halaman dan Otoritas Domain untuk setiap hasil pencarian di Google. Mirip dengan Otoritas Domain, Otoritas Halaman mengukur pentingnya halaman tersebut dibandingkan dengan halaman lain di internet.


CATATAN: Versi Firefox memungkinkan Anda untuk mengekspor Analisis Halaman dan data SERP ke file .csv. Jika tidak, kedua ekstensi tersebut pada dasarnya sama.

5. Buka Site Explorer

Open Site Explorer (OSE) adalah alat hebat lainnya dari orang-orang di Moz . Ini memungkinkan Anda untuk memeriksa backlink situs web mana pun yang diberikan, dan menampilkannya dalam format yang sangat bersih. Tautan balik, atau dikenal sebagai tautan masuk, adalah tautan yang berasal dari situs web lain, dan tautan ini sangat penting untuk meningkatkan Otoritas Domain Anda. Dengan versi gratis OSE, Anda agak terbatas dalam hal informasi yang Anda berikan. Namun, ini adalah alat yang fantastis untuk mencari tahu lebih banyak informasi tentang pesaing Anda. Jika Anda tertarik untuk membandingkan Otoritas Domain Anda, Otoritas Halaman, atau Total Link dengan orang-orang dari pesaing Anda, maka lihat contoh ini di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "5 Tools SEO Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel